semoga bermanfaat untuk anda

Senin, 12 September 2016

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Ring (Cincin)

Dalam topologi cincin setiap komputer terhubung ke komputer lain, dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer yang pertama, dan membentuk lingkaran yang disebut cincin, topologi ini berinteraksi menggunakan token Data untuk mengontrol hak akses untuk komputer menerima data, seperti sebagai komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 yang akan diterima oleh komputer 4, sehingga komputer akan melanjutkan pengiriman data jika alamat IP tujuan tidak dia.http://www.dosenpendidikan.com/
topologi ring
topologi ring
  • Keuntungan dari cincin topologi jaringan komputer dalam proses instalasi dan kemudahan instalasi, gunakan sedikit jumlah kabel lan sehingga akan menghemat biaya.
  • Kekurangnya yang paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu dari komputer atau kabel masalahnya, maka transmisi data akan terganggu bahkan kesalahan.
2. Topologi Bus
Jaringan komputer topologi bus sebagai antrian dan hanya menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer yang terhubung ke kabel dengan menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung kabel koaksial harus diakhiri dengan sebuah terminator.
topologi bus
topologi bus
  • Keuntungan dari bus hampir sama dengan cincin, yang tidak banyak kabel yang digunakan dan pemasangan menghemat biaya.
  • Kekurangnya topologi bus adalah kasus gangguan atau masalah pada satu komputer dapat mengganggu jaringan komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit untuk mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh untuk menggunakan repeater .

3. Topologi Star

Topologi ini dibentuk seperti bintang karena semua komputer yang terhubung ke hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub / switch adalah pusat jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, sehingga jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung mengirimkannya ke komputer tujuan tanpa melalui jaringan komputer lain.Topologi komputer adalah yang paling banyak digunakan saat ini karena keuntungan yang lebih.
topologi star
topologi star
  • Keuntungan dari topologi ini sangat mudah untuk mendeteksi di mana komputer rusak, maka mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan tanpa mengganggu komputer lain, serta tingkat keamanan data yang lebih tinggi,.
  • Kelemahan dari ini adalah topologi jaringan komputer, membutuhkan biaya tinggi untuk instalasi, karena membutuhkan banyak kabel dan switch / hub, dan stabilitas jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch / hub terganggu, seluruh jaringan terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Berbagai Tombol Dan Fungsinya Pada Kamera DSLR Canon

Mengenal Berbagai Tombol Dan Fungsinya Pada Kamera DSLR Canon my facebook ; https://www.facebook.com/rahmancah.berasapuye Bag...